Karakteristik Kertas yang Biasa Digunakan di Percetakan


infotalilanyard - Kertas dan dunia percetakan tidak dapat dipisahkan. Sebagian besar bahan cetak yang digunakan adalah kertas. Masalahnya, tidak banyak orang yang memahami dengan baik berbagai karakteristik sesuai dengan jenis kertas yang digunakan. Padahal karakteristik kertas tersebut akan sangat mempengaruhi kualitas hasil cetak. Salah memilih kertas percetakan bisa membuat hasil cetak menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami apa saja karakteristik yang terdapat pada berbagai jenis kertas yang sering digunakan di percetakan.

Karakteristik Khas dari 5 Jenis Kertas yang Sering Digunakan di Percetakan


Saat mau mencetak dengan bahan kertas, kamu harus tahu dulu jenis kertas apa yang akan digunakan. Tentu saja pemilihan kertas sangat bergantung pada kebutuhanmu. Misalnya, kalau ingin mencetak poster, maka hindari penggunaan kertas HVS. Sebab kertas jenis itu lebih cocok digunakan untuk mencetak dokumen biasa, seperti tugas kantor, laporan penelitian, atau makalah ilmiah. Selain menentukan jenis kertas, kamu juga harus mengetahui karakteristik yang menempel pada setiap jenis kertas. Tujuannya agar tidak salah pilih kertas saat proses percetakan berlangsung. Makanya, yuk, ketahui karakteristik 5 jenis kertas percetakan berikut ini!

1. HVS


Kertas HVS akan lebih maksimal kalau dipakai untuk kebutuhan print dokumen biasa atau fotokopi. Struktur yang ada di kertas ini tidak terlalu halus. Bahan pembuat kertas HVS adalah bubur kertas bebas perekat serat pohon. Ukuran kertas HVS bervariasi, mulai dari A0 hingga A10. Gramasinya pun juga beragam. Kamu dapat menggunakan kertas HVS dengan berat 70 gram sampai 310 gram. 

2. Art Paper dan Art Carton


Kertas ini tidak jauh berbeda dengan HVS, hanya saja kualitasnya lebih baik dengan struktur yang lebih halus. Kegunaannya lebih banyak untuk mencetak perangkat promosi seperti poster dan brosur. Selevel lebih tinggi dari art paper adalah art carton. Keduanya hampir sama. Yang membedakan adalah art carton lebih tebal, berat, dan kuat daripada art paper. Biasanya art carton digunakan untuk mencetak properti yang lebih tebal seperti kalendar, kartu nama, atau katalog.

3. Fancy Paper


Kamu pernah tahu kerajinan tangan yang menggunakan kertas? Nah, kertas yang digunakan itu namanya fancy paper. Kertas jenis ini biasanya dipakai sebagai alternatif art paper atau art carton. Ukuran kertas ini hanya ada dua pilihan, yaitu A3 dan A4. Berat kertas fancy paper antara 180 gram hingga 230 gram. Jadi, kalau mau pakai kertas ini, pastikan karakteristiknya sudah sesuai dengan kebutuhan cetak kamu. 

Baca Juga : Istilah-istilah Dalam Dunia Percetakan yang Wajib Diketahui!

4. Ivory


Kertas ivory biasanya dipakai sebagai bahan pembungkus makanan atau obat-obatan. Sekilas kertas ini mirip dengan art paper atau art carton. Hanya saja, warna kertas ivory tidak seputih kedua jenis kertas tersebut. Di samping itu, kertas ivory hanya memiliki satu permukaan licin. Sedangkan sisi lainnya cenderung buram. Makanya, kertas ini sering jadi bahan pembungkus makanan. 

5. Kertas Glossy


Seperti namanya glossy, kertas ini mempunyai permukaan yang mengkilap. Fungsi utama kertas glossy adalah sebagai bahan untuk mencetak foto. Hasil foto atau gambar yang dicetak dengan kertas glossy akan lebih bagus daripada menggunakan kertas jenis lainnya. Ada dua jenis kertas glossy yang biasa ditemukan di pasaran, yaitu sticky glossy photo paper untuk mencetak bahan stiker dan premium glossy photo paper untuk mencetak foto dengan kualitas yang tinggi. 

Posting Komentar

0 Komentar